Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan (EMS)

ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) - ISO 14001:2015 adalah standar internasional untuk manajemen lingkungan. Standar ini menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen lingkungan dalam sebuah organisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan dan memenuhi persyaratan regulasi lingkungan yang berlaku. Organisasi yang memenuhi persyaratan standar ini dapat diakui sebagai organisasi yang memperhatikan lingkungan dan dapat memperoleh sertifikasi. Standar ini dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO).

ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan (EMS)

Gambar ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan (EMS)

ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan

ISO 14001 menetapkan persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja organisasi terhadap lingkungan. Serta digunakan oleh organisasi untuk mengelola tanggung jawab terhadap lingkungan secara sistematis dan dapat memberikan kontribusi untuk kelestarian lingkungan yang berkesinambungan. ISO 14001 membantu organisasi mencapai hasil yang diharapkan dari Sistem Manajemen Lingkungan yang memberikan nilai bagi lingkungan dan organisasi itu sendiri serta pihak yang berkepentingan. Tujuan yang diharapkan dari sistem manajemen lingkungan meliputi :

  • Peningkatan kinerja lingkungan;
  • Pemenuhan kewajiban kepatuhan;
  • Pencapaian tujuan lingkungan.

ISO 14001 Serupa dengan Sistem Manajemen Mutu terkait bagaimana sebuah produk diproduksi serta bagaimana Sertifikasi ISO 14001 bisa dilakukan oleh pihak ketiga dan merupakan bagian integral dari Skema Manajemen dan Audit Lingkungan (Eco-Management and Audit Scheme) disingkat EMAS yang dikeluarkan oleh Lembaga Uni Eropa dimana struktur dan persyaratan material EMAS lebih menuntut terutama menyangkut tugas-tugas peningkatan, kepatuhan hukum dan pelaporan kinerja.

ISO 14001 mencakup struktur organisasi, tanggung-jawab, perencanaan, praktek, prosedur, proses, dan sumberdaya yang bertujuan untuk mengembangkan, menerapkan, mencapai, mengkaji, serta memelihara kebijakan lingkungan. ISO 14001 terdiri dari 10 klausul berikut yakni :

  1. Ruang Lingkup
  2. Referensi Normatif
  3. Istilah dan Definisi
  4. Konteks Organisasi
  5. Kepemimpinan
  6. Perencanaan
  7. Dukungan
  8. Operasi
  9. Evaluasi Kinerja
  10. Peningkatan

ISO 14001 berlaku untuk setiap organisasi, terlepas dari ukuran, jenis dan sifat, dan berlaku untuk segala aspek lingkungan dari kegiatan produk dan jasa yang di hasilkan oleh organisasi. 

Manfaat menerapkan ISO 14001

  • Meningkatkan efisiensi operasi: ISO 14001:2015 menyediakan kerangka kerja yang memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengelola aspek lingkungan yang berhubungan dengan operasinya secara efektif. Ini dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan produktivitas.

  • Peningkatan reputasi perusahaan: Dengan mengimplementasikan ISO 14001:2015, perusahaan dapat memperkuat reputasinya sebagai perusahaan yang peduli lingkungan dan bertanggung jawab. Ini dapat meningkatkan citra perusahaan dan membuka peluang pasar baru.

  • Memenuhi persyaratan regulasi: ISO 14001:2015 membantu perusahaan memenuhi persyaratan regulasi lingkungan yang berlaku. Ini dapat mengurangi risiko sanksi atau denda yang mungkin dikenakan jika perusahaan tidak memenuhi persyaratan ini.

  • Meningkatkan komunikasi dengan pihak eksternal: ISO 14001:2015 menyediakan kerangka kerja yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pihak eksternal yang berhubungan dengan lingkungan. Ini dapat meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan pemerintah, masyarakat, dan pihak lain yang berkepentingan.

  • Meningkatkan kesadaran lingkungan: ISO 14001:2015 menyediakan kerangka kerja yang memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan karyawannya. Ini dapat meningkatkan komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan meningkatkan kinerja lingkungan secara keseluruhan.

Biaya Konsultasi & Sertifikasi ISO 14001

Tidak ada harga yang baku dalam menentukan besaran biaya konsultasi & biaya sertifikasi ISO 14001, konsultan ISO 14001 perlu menilik beberapa acuan seperti :

  • Ukuran organisasi
  • Banyaknya karyawan
  • Banyaknya cabang
  • Lokasi perusahaan
  • Scope perusahaan
  • Target waktu

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk Sertifikasi ISO 14001?

Semua tergantung dari kesiapan organiasi, dan proses yang sudah berjalan dalam organisasi pun menentukan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat ISO 14001. Meskipun begitu, Konsultan ISO 14001 dapat menyelesaikan tugasnya rata rata dalam waktu 3 s/d 4 bulan saja.

Perusahaan atau organisasi berhak mencantumkan label "ISO 14001 Certified" atau "ISO 14001 Registered" setelah diaudit dan disertifikasi oleh lembaga standarisasi internasional sebagai perusahaan yang memenuhi syarat-syarat dalam ISO 14001.

Anda berniat menerapkan ISO 14001:2015 pada perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

Demikian pembahasan tentang ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan (EMS).

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.