Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut

Hallo sahabat UT. kali ini kami akan membahas tentang Memahami Pengetahuan Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut. 

Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut

Gambar Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut

A. Struktur Kulit

Kulit merupakan bagian yang paling luar dari tubuh manusia. Kulit terdiri dari tiga lapisan yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda yaitu lapisan kulit ari (epidermis), lapisan kulit jangat (dermis) dan lapisan jaringan bawah kulit (subcutic).

B. Struktur Rambut

Rambut yang tumbuh dari akar terdapat dalam dua area, yaitu bagian yang berada di dalam kulit dan bagian yang berada di luar kulit. Struktur rambut terdiri dari beberapa bagian diantaranya ujung rambut, batang rambut dan akar rambut.

C. Susunan Batang Rambut

Susunan batang rambut terdiri dari tiga lapisan utama, susunan dari yang terluar ke dalam adalah selaput rambut (cuticle), kulit rambut (cortex) dan sumsum rambut (medulla).

1. Selaput Rambut (Cuticle)

Selaput Rambut (Cuticle) adalah lapisan terluar dari dinding batang rambut yang berfungsi sebagai perisai rambut. Lapisan ini tersusun sel – sel tanduk yang atas pipih, bening bagaikan genteng atau sirap rumah. Kutikula berfungsi untuk melindungi bagian dalam rambut karena memiliki protein sebagai pelindung dari berbagai kerusakan.

Kutikula rambut yang sehat akan nampak terlihat sisik-sisik yang berbaring datar tanpa kerusakan atau robek sedikitpun. Berbeda halnya dengan kutikula rambut yang mengalami kerusakan. Kutikula akan tampak robek dibeberapa bagian imbrikasi terbuka. 

2. Kulit rambut (cortex)

Kulit rambut (cortex) adalah lapisan tengah batang rambut yang terletak antara lapisan kutikula dan medulla. Korteks terdiri dari sel-sel tanduk yang membentuk kumparan panjang, sejajar dengan batang rambut.

3. Sumsum rambut (Medulla)

Sumsum rambut (medulla) adalah lapisan paling dalam dari rambut, terdapat di bagian tengah dan biasa disebut inti rambut. Fungsi utama medulla adalah penghasil sel, untuk menumbuhkan rambut, pigmentasi rambut dan penghasil protein keratin.

D. Bentuk dan Warna Rambut

Bentuk rambut dipengaruhi oleh bentuk kandung rambut/folikel rambut, terdapat tiga bentuk rambut antara lain bentuk rambut lurus, rambut berombak dan rambut keriting.

Faktor utama terjadinya bentukrambut yang mempengaruhi bentuk rambut itu sendiri adalah karena keturunan ataupun ras bangsa. Maka dibedakan atas tiga ras bangsa yaitu;

1. Ras Mongoloid: adalah ras bangsa- bangsa Asia berkulit kuning seperti Cina, Jepang biasanya mempunyai bentuk rambut lurus karena bentuk kandung rambut lurus tertanam di kulit. Kalau pun mereka mempunyai rambut ikal/keriting, hal ini karena di bentuk secara fisis maupun kimiawi, jadi bukan rambut aslinya.

2. Ras Negroid: adalah bangsa kulit hitam (Negro), biasanya memiliki bentuk rambut keriting karena rambut (folikel) berbentuk spiral. 

3. Ras Caucasoid: adalah bangsa eropa yang memiliki kulit putih atau juga disebut sebagai bangsa kulit putih, biasanya memiliki bentuk rambutikal karena bentuk kandung rambut (folikel) melengkung concave.

Warna rambut

Melanin merupakan pigmen yang mengatur macam-macam warna “biologis” manusia. Melanin tersebut dapat terlihat mulai dari warna kulit, iris mata, sampai warna rambut. Warna alami cukup dibagi dalam 6 golongan besar: hitam, coklat, pirang, auburn (coklat kemerahan), merah, dan kelabu-putih.

Pigmen yang mengatur warna rambut terdiri dari dua macam, yaitu eumelanin ddan feomelanin (phaeomelanin, artinya melanin kelabu). Eumelanin (yang artinya melanin sejati) memberi warna gelap pada rambut. Sedangkan feomelanin berwarna kemerahan atau pirang dan ditemukan pada sebagian besar orang, namun paling banyak pada orang yang berambut merah.

Warna rambut yang terlihat (alias fenotip) tergantung pada perbandingan kadar eumelanin dan feomelanin pada rambut orang yang bersangkutan. Dengan komposisi

1. Rambut hitam: 99% eumelanin + 1% feomelanin

2. Rambut coklat/pirang: 95% eumelanin atau lebih rendah + 5% feomelanin atau lebih tinggi

3. Rambut merah: 67% eumelanin + 33% feomelanin

E. Densitas dan Tekstur Rambut

1. Densitas rambut

Densitas rambut adalah jumlah pertumbuhan rambut diseluruh kepala yang merupakan ketebalan rambut. Densitas rambut dapat diperkirakan dengan cara menggenggam rambut.

•  Bangsa Eropa (Caucasoid) sekitar 140.000

•  Bangsa Asia (Mongoloid) sekitar 110.000

•  Bangsa kulit hitam (Negroid) sekitar 90.000

2. Tekstur rambut

Dalam menentukan tekstur rambut dapat dilakukan dengan penglihatan, perabaan dan pegangan.Tekstur rambut terbagi menjadi:

• Halus, biasanya terdapat pada jenis rambut kering

• Kasar, biasanya terdapat pada jenis rambut berminyak

Tekstur rambut dapat di ketahui dengan cara diraba dan dilihat secara fisik pada rambut. Secara umum tekstur rambut terbagi menjadi dua yaitu:

• Tekstur Halus, biasanya terdapat pada rambut yang sehat dengan pertumbuhan yang halus dan licin

• Tekstur Kasar,bila diraba permukaan rambut akan terasa kasar.

Untuk lebih jelasnya penjabaran tentang tekstur rambut dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

a. Fine Hair. Pada fine hair tekstur rambut terlihat halus

b. Coarse Hair. adalah tekstur rambut kasar.

c. Frizy Hair. Frizy hair di katakan juga sebagai rambut porous

3. Diameter Rambut

Diameter rambut adalah menggambarkan besar/kecilnya helaian rambut, Tiap orang memiliki diameter rambut yang berbeda dapat dikatakan diameter rambut juga dapat mempengaruhi tesktur rambut elastisitas rambut .

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.