Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Bahas Forklift – Pengertian, jenis dan bagian-bagian dari forklift

Bahas Forklift – Dalam dunia industri khususnya di bagian gudang (warehouse) selalu ada kegiatan bongkar muat barang. Kegiatan bongkar muat ini sudah menjadi hal yang pasti dalam suatu industri. Bongkar muat ini dapat dilakukan secara manual. Namun hal itu terbatasi oleh besarnya kapasitas barang dan juga ukuran barang.

Oleh karena itu dalam upaya mempermudah dan mempercepat kegiatan bongkar muat barang, banyak perusahaan yang melaukakan pengadaan alat bantu berupa alat-alat angkut material handling, Salah satunya yang paling familiar yaitu forklift.

gambar forklift
Bahas Forklift – Pengertian, jenis dan bagian-bagian dari forklift

Gambar Bahas Forklift – Pengertian, jenis dan bagian-bagian dari forklift

Pengertian Forklift

Forklift adalah jenis alat angkut berupa truck garpu yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang berat secara mudah dan cepat. Alat ini merupakan alat angkut yang paling efektif untuk kegiatan bongkar muat barang dengan kapasitas besar.

Alat ini memiliki kapasitas bervariasi mulai dari 1,6 ton hingga 50 ton bahkan lebih. Dengan adanya alat ini akan memudahkan anda untuk menyelesaikan kegiatan operasional pergudangan terutama dalam hal bongkar muat barang. Tingkat keefektifan alat ini jauh lebih efektif daripada menggunakan alat angkut lainnya.

Penggunaan alat ini dapat anda lakukan pada luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Jenis jenis Forklift

Semakin banyaknya inovasi di bidang material handling ini membuat banyak pilihan akan forklift. Hal ini memudahkan kita dalam memilih jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut ini penjelasan mengenai jenis jenis forklift yang perlu kita ketahui:

A. Jenis Forklift berdasarkan Sumber Energinya

1. Forklift Diesel

Forklift Diesel adalah jenis forklift yang menggunakan bahan bakar berupa solar. Jenis forklift ini menggunakan mesin diesel sebagai mesin penggeraknya yang mengkonversikan energi solar ke energi gerak.

Forklift ini adalah jenis yang paling banyak peminatnya karena harganya yang paling murah. Selain itu, perawaannya juga cukup mudah, termasuk ketika anda harus mengisi ulang bahan bakar. Saat ini tempat jual solar sangatlah banyak sehingga anda tidak perlu pusing ketika kehabisan bahan bakar.

Memiliki daya angkat yang paling besar daripada forklift jenis lainnya. Daya angkatnya mulai dari 1 ton hingga 50 ton bahkan lebih. Oleh karena itulah jenis ini sangat banyak digunakan karena banyak opsi kapasitas angkat sesuai dengan kebutuhannya.

Namun forklift ini juga memiliki kekurangan yaitu menghasilkan suara yang cukup bising karena adanya proses pembakaran oleh mesin diesel. Selain itu proses pembakaran tersebut juga menghasilkan asap layaknya kendaraan bermotor, sehingga forklift diesel ini memang lebih cocok jika anda gunakan pada ruang terbuka (outdoor).

gambar forklift diesel

 

2. Forklift Elektrik

Forklift Elektrik adalah jenis forklift yang menggunakan energi listrik sebagai sumber energi penggeraknya. Energi listrik disimpan pada sebuah baterai dengan kapasitas besar. Umumnya forklift elektrik ini dapat beroperasi hingga 1 shift (8 jam) jika anda gunakan secara non stop, bergantung pada penggunaannya.

Kelebihan jenis forklift ini yaitu ramah lingkungan, hal ini dapat terjadi karena pada tidak adanya proses pembakaran bahan bakar ketika forklift beroperasi sehingga tidak menghasilkan asap yang dapat mencemari lingkun dan juga membahayakan orang sekitar.

 

gambar forklift elektrik

 Forklift Gas

Forklift Gas adalah jenis forkliftyang menggunakan gas sebagai sumber energi penggeraknya.

gambar forklift gas

B. Jenis Forklift berdasarkan kebutuhan dan Pengoperasiannya

1. Forklift Truck

 

2. Forklift Reach Truck

 

gambar forklift reach truck

3. Hand Forklift

 

gambar hand forklift

C. Jenis Forklift berdasarkan Transmisinya

1. Forklift Manual

 

2. Forklift Matic / Automatic

 

Bagian – bagian Penting Forklift

1. Mesin / engine

 

gambar mesin forklift isuzu

2. Tiang / Mast

 

3. Garpu / Fork

 

4. Kabin / Overhead

 

5. Counter Balance

 

6. Roda / Wheel

 

6. Silinder Kop

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.