Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Benarkah SIUJK Dihapuskan?

Benarkah SIUJK Dihapuskan? - SIUJK atau Surat Ijin Usaha Jasa Konstruksi adalah dokumen legal yang diterbitkan oleh pemerintah setempat yang memberikan izin kepada perusahaan atau individu untuk menjalankan usaha jasa konstruksi. SIUJK diperlukan untuk memastikan bahwa perusahaan atau individu yang menjalankan usaha jasa konstruksi memiliki kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

 Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) telah menjadi bagian utama dari dunia konstruksi sejak lama. Dengan telah terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko merupakan peraturan pelaksana dari Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), dan misi Presiden Jokowi mempermudah pengurusan perizinan demi menarik para investor, maka secara resmi SIUJK dihapuskan dan tidak lagi menjadi perizinan yang wajib dimiliki oleh perusahaan konstruksi.

Jasa konstruksi merupakan salah satu subsektor dari kluster perizinan berusaha di sektor pekerjaan umum dan perumahan rakyat (Pasal 80 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021) yang terdiri atas tiga jenis jasa konstruksi, yakni: 

 

  1. Jasa Konsultansi Konstruksi;
  2. Jasa Pelaksana Konstruksi; dan 
  3. Jasa Pelaksana Konstruksi Terintegrasi

Dengan dihapuskannya SIUJK, maka perusahaan jasa konstruksi hanya diwajibkan memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) sebagai sertifikat standar perusahaan dan Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) yang pengurusannya melalui OSS (Online Single Submission).

Benarkah SIUJK Dihapuskan?

Gambar Benarkah SIUJK Dihapuskan?

Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Per pertengahan Desember 2021, penyelenggaraan pengurusan baru, perpanjangan dan perubahan SBU secara resmi dilakukan melalui Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) via sistem OSS. Tidak lagi secara manual melalui Asosiasi Badan Usaha kemudian terbit melalui LPJK. 

Persyaratan pengurusan pun banyak yang berubah, seperti: diwajibkannya memiliki peralatan konstruksi yang memiliki SILO, data penjualan tahunan (proyek) yang tidak bisa di-split untuk beberapa subklasifikasi usaha, kewajiban tenaga ahli untuk masing-masing subklasifikasi, input data di sistem SIMPAN, hingga kewajiban sertifikasi ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

Kesimpulan Benarkah SIUJK Dihapuskan?

Jadi, meskipun secara jumlah, sertifikasi jasa konstruksi berkurang dengan dihapuskannya SIUJK, apalagi dengan misi menyederhanakan pengurusan perizinan badan usaha. Nyatanya, bagi dunia konstruksi, persyaratan perizinan untuk SBU malah semakin banyak dan kompleks, sama sekali bertolak belakang dengan misi awal penyederhanaan perizinan.

Menurut Penulis, misi "penyederhanaan perizinan" hanya berlaku saat penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha), dan justru lebih kompleks untuk perizinan perusahaan yang sudah berjalan.

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.