Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Hak dan Keistimewaan Pemegang Saham

Hak dan keistimewaan pemegang saham adalah bagian yang penting untuk menentukan penentu atau pengendali dalam perseroan. Pemlik saham dimungkinkan dalam perseroan untuk memiliki hak istimewa mengusulkan Direksi dan atau Komisaris dalam Perseroan. Penggolongan saham sebagaimana tersebut diatas, juga menentukan hak dan kewajiban dari pemegang saham dalam perseroan.

Hak dan Keistimewaan Pemegang Saham

Gambar Hak dan Keistimewaan Pemegang Saham

Hak Pemegang Saham dalam Perusahaan

Secara lebih terinci, hak pemegang saham dalam perusahaan meliputi:

1. Hak atas manajemen dan pengontrolan perusahaan 

  • Hak voting untuk memilih dan memperhentikan direksi dan komisaris; 
  • Hak voting untuk melakukan perubahan fundamental pada perusahaan 
  • Hak voting untuk merubah anggaran dasar dalam hal pengaturan direksi, komisaris, RUPS, modal dan saham PT, dan lain-lain 
  • Hak untuk meminta agar perusahaan dikelola dengan baik untuk kepentingan perusahaan yang juga berarti untuk kepentingan seluruh pemegang saham.

2. Hak atas kepemilikan perusahaan

  • Hak atas pembagian dividen; 
  • Hak atas pembagian aset pada waktu perseroan dilikuidasi; 
  • Hak atas perlakuan yang sama oleh manajemen dan pemegang saham mayoritas terhadap transaksi -transksi penting seperti penerbitan saham baru, perubahan anggaran dasar, pembelian saham perusahaan lain, dan lain-lain 
  • Hak untuk didaftar sebagai pemegang saham dalam buku register perusahaan

3. Hak untuk mendapatkan kekebalan (privelege of imunity) dari tanggung jawab pribadi atas tanggung jawab utang-utang perseroan 

  • Hak tambahan lainnya, antara lain : 
  • Hak atas informasi dan pemeriksaan perseroan; 
  • Hak menggugat PT dalam mencegah kerugian atau dalam rangka menyelamatkan perseroan; 
  • Hak untuk meminta gugatan ganti rugi;

Referensi

James D. Cox, et all, Corporation, New York, Apen Law & Business, 1997, hal. 306.

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.