Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP)

ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP) - Sistem Manajemen Anti-Suap dirancang untuk menanamkan budaya anti penyuapan dalam sebuah organisasi yang diimplementasikan dengan kebijakan yang tepat, sehingga pada akhirnya meningkatkan kemampuan untuk mendeteksi kemungkinan penyuapan serta mengurangi kemungkinan terjadinya penyuapan di dalam organisasi itu sendiri.

ISO 37001 adalah standar internasional yang mengatur manajemen sistem anti-penyuapan. Standar ini diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO) dan mencakup semua aspek manajemen anti-penyuapan, termasuk aspek teknis dan non-teknis.

Standar ini menyediakan panduan bagi organisasi dalam mengelola dan mencegah tindakan penyuapan. Ini mencakup aspek-aspek seperti pengembangan dan implementasi kebijakan anti-penyuapan, identifikasi dan evaluasi risiko penyuapan, pengembangan dan implementasi prosedur anti-penyuapan, serta pengawasan dan pemantauan program anti-penyuapan.

ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP)

Gambar ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP)

ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Suap

Standar ini menetapkan serangkaian tindakan untuk membantu organisasi mencegah, mendeteksi dan menangani penyuapan. Hal ini termasuk menetapkan kebijakan anti-suap, menunjuk seseorang untuk mengawasi kebijakan anti-suap, melakukan pelatihan, melakukan penilaian risiko pada proyek dan rekan bisnis, menerapkan kontrol keuangan, dan melaksanakan prosedur pelaporan dan investigasi. Sistem Manajemen Anti-Suap membantu organisasi mengurangi risiko terjadinya penyuapan dan dapat menunjukkan kepada pemangku kepentingan bahwa organisasi telah menerapkan kontrol anti-suap yang diakui secara internasional.

ISO 37001 memberikan persyaratan dengan panduan penggunaan untuk membangun, menerapkan, memelihara dan memperbaiki sistem itu sendiri. Sistem ini bisa jadi independen atau terintegrasi ke dalam sistem manajemen secara keseluruhan. Sistem Manajemen Anti-Suap menangani penyuapan di masyarakat umum, pribadi dan sektor nirlaba, termasuk penyuapan oleh dan terhadap sebuah organisasi ataupun staf organisasi, atau oleh pihak ketiga. Penyuapan bisa dilakukan dimana saja tempatnya yang melibatkan keuangan atau non-keuangan.

ISO 37001 mengadopsi High Level Structure (HSL) dalam 10 klausul dalam rincian berikut :

  1. Tujuan
  2. Standar Referensi
  3. Istilah Definisi
  4. Konteks Organisasi
  5. Kepemimpinan
  6. Perencanaan
  7. Dukungan
  8. Aktivitas Operasi
  9. Evaluasi Kinerja
  10. Perbaikan

ISO 37001 dapat diterapkan oleh organisasi apapun baik itu di sektor publik atau swasta, dan di negara manapun. Sistem manajemen ini bisa disesuaikan dengan ukuran dan sifat organisasi dan juga bisa disesuaikan terhadap risiko penyuapan yang dihadapinya.

Manfaat implementasi ISO 37001

Manfaat dari implementasi ISO 37001 adalah sebagai berikut:

  1. Menjamin bahwa organisasi memiliki kebijakan dan prosedur yang sesuai untuk mencegah tindakan penyuapan.
  2. Membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko penyuapan.
  3. Memastikan bahwa organisasi memiliki sistem pengawasan dan pemantauan yang sesuai untuk mencegah tindakan penyuapan.
  4. Menjamin kompatibilitas dengan standar anti-penyuapan lainnya.
  5. Menjamin kesesuaian dengan peraturan dan regulasi yang berlaku.

Ruang lingkup ISO 37001

Ruang lingkup ISO 37001 meliputi semua aspek manajemen anti-penyuapan, termasuk:

  1. Pengelolaan risiko penyuapan
  2. Pengelolaan kebijakan anti-penyuapan
  3. Pengelolaan prosedur anti-penyuapan
  4. Pengelolaan pengawasan dan pemantauan
  5. Pengelolaan pelaporan dan investigasi
  6. Pengelolaan komplian
  7. Pengelolaan pengendalian diri dan audit internal.

Secara keseluruhan, ISO 37001 menyediakan panduan yang berguna bagi organisasi dalam mengelola dan mencegah tindakan penyuapan. Implementasi standar ini juga membantu dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko penyuapan serta memastikan bahwa organisasi memiliki sistem pengawasan dan pemantauan yang sesuai untuk mencegah tindakan penyuapan.

ISO 37001 Sebagai Syarat Mengurus SBU Jasa Konstruksi Tahun 2022

Sehubungan dengan mulai berlakunya pengurusan SBU melalui LSBU via OSS RBA, sesuai dengan Surat Edaran Menteri PUPR Nomor 21/SE/M/2021 tanggal 25 November 2021, terdapat 1 syarat baru yang cukup signifikan dan krusial, yakni kewajiban memiliki Sertifikat ISO 37001:2016 atau menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SMAP.

ISO 37001:2016 atau SMAP ini menjadi salah satu syarat pemenuhan komitmen saat pengurusan SBU melalui OSS RBA. Namun, dikarenakan ketentuan ini baru diwajibkan setelah Surat Edaran keluar, maka masih terdapat keringanan yang diberikan bagi para badan usaha yang hendak mengurus SBUnya via OSS RBA.

Keringanan tersebut antara lain, jangka waktu penerapan ISO 37001 atau SMAP, dengan kondisi sebagai berikut:

 

  1. SBU dengan kualifikasi Besar (B1/B2), diberikan waktu hingga maksimal 1 tahun sejak SBU diterbitkan.
  2. SBU dengan kualifikasi Menengah (M1/M2), diberikan waktu hingga maksimal 2 (dua) tahun sejak SBU diterbitkan.
  3. SBU dengan kualifikasi Kecil (K1/K2/K3), diberikan waktu hingga maksimal 3 (tiga) tahun sejak SBU diterbitkan.

 

Dengan catatan tersebut, dapat dipastikan bahwa sebenarnya, tanpa memiliki ISO 37001 atau SMAP saat pengurusan SBU pada akhir Desember 2021 ini atau awal tahun 2022 mendatang, SBU tetap akan terbit dan terverifikasi. Pelaku usaha hanya perlu membuat surat komitmen pemenuhan persyaratan terkait ISO 37001 atau SMAP, sesuai dengan kualifikasi yang diajukan.

Dengan persyaratan baru inilah, para Asosiasi Badan Usaha mulai menyosialisasikan hingga memberikan pelatihan dan pendampingan untuk para anggotanya, terkait penerapan ISO 37001 atau SMAP.

Catatan:

Meski Surat Edaran Menteri PUPR tentang peralihan pengurusan SBU dari LPJK ke LSBU melalui OSS RBA telah terbit sejak 25 November 2021 yang lalu, dan seharusnya per 7 Desember 2021 kemarin LSBU sudah resmi melayani pengurusan SBU untuk para pelaku usaha di jasa konstruksi. Sayangnya, hingga tulisan ini terbit, system OSS RBA dan SIJK Terintegrasi masih belum sepenuhnya terintegrasi.

Namun, pelaku usaha tidak perlu khawatir. Meski belum sepenuhnya terintegrasi, pelaku usaha sudah bisa tetap mengurus SBU melalui LSBU dengan mulai mempersiapkan persyaratan-persyaratan pemenuhan komitmennya terlebih dahulu, dibantu oleh pengurus Asosiasi tempat pelaku usaha menjadi anggotanya. Hal ini karena sebenarnya, persyaratan secara detail mengenai dokumen pendukung pengurusan SBU melalui LSBU sudah disepakati, hanya tinggal formulir-formulir resminya saja yang sedang disiapkan dan akan segera dirilis oleh pihak LPJK PU.

Bagaimana mendapatkan Sertifikat ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap (SMAP)

Anda berniat menerapkan atau mendapatkan ISO 37001 untuk perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.