Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

ISO 9001: Kepetingan & Persyaratan dari Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001:  Kepetingan & Persyaratan dari Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu

Gambar ISO 9001: Kepetingan & Persyaratan dari Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu

1. Pentingnya Melakukan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan yang melakukan sertifikasi ISO 9001 akan memperoleh keuntungan bagi perusahaan maupun kepuasan pelanggan, diantaranya termasuk :

  1. Setiap perusahaan atau organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 berbeda dengan perusahaan atau organisasi yang belum menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 dalam hal kualitas produk, proses dan layanan yang diberikan.
  2. Dapat meningkatkan efisiensi tingkat organisasi atau perusahaan di tingkat operasional.
  3. ISO 9001 merupakan standar internasional dan standar yang paling banyak digunakan oleh banyak organisasi/perusahaan.
  4. Bagi organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, juga memotivasi karyawan, dan menciptakan budaya perbaikan terus-menerus.
  5. Bagi organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, hal ini dapat meningkatkan citra perusahaan dan berdaya saing.
  6. Untuk organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, mereka dapat meningkatkan jaminan kualitas produk dan proses.
  7. Bagi organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  8. Bagi organisasi yang telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, dapat meningkatkan peluang untuk memasuki pasar global.
  9. Kinerja ditinjau secara berkala dan difokuskan pada pencapaian tujuan.
  10. Jika ada pergantian karyawan, prosesnya bisa dilanjutkan
  11. Produktivitas yang tidak memenuhi standar kualitas dapat diminimalisir dan tingkat kesalahan dapat dihindari.

2. Lankgah-Langkah Untuk Mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001?

Terdapat 5 Langkah untuk mndapatkan sertifikasi ISO 9001: Persiapan- Dokumentasi- Implementasi-Audit Internal-Sertifikasi

Langkah Persiapan

  1. Tentukan Apa yang Ingin Anda Peroleh dari sistem manajemen mutu ISO 9001
  2. Tentukan Ruang Lingkupnya
  3. Tentukan Pendekatan Penerapan Mana yang Terbaik
  4. Tetapkan Orang-Orang Yang Bertanggung Jawab Untuk Proyek Sertifikasi Ini
  5. Dapatkan Pelatihan Mengenai sistem manajemen mutu ISO 9001
  6. Dapatkan Dukungan Eksekutif dan Timbulkan Ketertarikan Karyawan
  7. Rencanakan Proyek Anda

Langkah Dokumentasi

Secara garis besar, dokumen yang dibutuhkan diantaranya:

  • Kebijakan Mutu
  • Sasaran Mutu
  • Pernyataan Ruang Lingkup
  • Prosedur
  • Instruksi Kerja Formulir

Langkah Implementasi

  • Tinjau Prosedur Kerja
  • Perbaikan Prosedur Kerja
  • Menjalankan Instruksi Kerja
  • Simpan Catatan Bukti-bukti
  • Pengarsipan

Langkah Audit Internal

Audit internal adalah inspeksi mandiri untuk memeriksa apakah sistem ISO 9001 Anda diterapkan secara efektif. Audit internal dilakukan oleh karyawan yang telah menjalani pelatihan auditor, meskipun Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan outsourcing. Selama audit, proses kerja diamati, manajemen dan staf diwawancarai, dan catatan diperiksa. Tujuannya adalah untuk memverifikasi kepatuhan dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, serta prosedur dan instruksi kerja. Audit adalah alat untuk latihan dan perbaikan.

Langkah Sertifikasi

Perusahaan Anda akan mendapatkan sertifikasi ISO 9001 setelah lulus audit lengkap yang dilakukan oleh auditor pihak ketiga yang independen. Audit sertifikasi ini dapat dilakukan di tempat atau dari jarak jauh. Anda dapat menjadwalkannya setelah audit internal lengkap dan setelah mengumpulkan sekitar 1-2 bulan catatan ISO.

  1. Memilih Registrar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 Anda
    1. Yaitu, entitas independen yang mengirimkan auditor dan menerbitkan sertifikat 9001 Anda. Registrar yang memiliki reputasi baik harus diakreditasi secara resmi oleh badan akreditasi nasional.
  2. Menjalankan proses audit sertifikasi ISO 9001
  3. Menuai Manfaat Pemasaran
  4. Mempertahakan Sertifikasi

3. Memilih Badan Sertifikasi Untuk ISO 9001

Sebelum Anda mendaftarkan perusaan untuk sertifikasi, ada baiknya Anda memilih berdasarkan hal berikut :

  1. Pilih Badan sertifikasi yang mempunyai akreditasi KAN (Komisi Akreditasi Nasional) yang masih berlaku. Badan Sertifikasi yang diakreditasi komite akreditasi negara lain tidak masalah, selama komite akreditasi tersebut telah sudah bekerjama dalam International Acreditation Forum (IAF)
  2. Nomer Sertifikat yang dikeluarkan teregister secara online.
  3. Mempunyai sumber daya yang jelas dan berpengalaman.
  4. Biaya yang diminta transparan dan kompetitif
  5. Periode waktu Assessment Jelas.

4. Daftar Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Persyaratan ISO 9001

Persyaratan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 :

ISO 9001:2015 pada klausul 4.4  mewajibkan perusahaan memelihara informasi terdokumentasi (maintain documented information) dan menyimpan informasi terdokumentasi (retain documented information) untuk mendukung operasional proses.

  1. Dokumen Wajib
Klausul ISO 9001:2015 Dokumen Wajib
4.3 Ruang Lingkup Sistem Manajemen Mutu
5.2.2 a) Kebijakan Mutu
6.2.1 Sasaran Mutu
4.4.2 Dokumen- dokumen operasional pendukung proses
  1. Rekaman Wajib
Klausul ISO 9001:2015 Rekaman Wajib
4.4.2 Rekaman operasional pendukung proses
8.4.1 Rekaman seleksi, evaluasi dan re evaluasi supplier (penyedia eksternal)
7.1.5.1 Rekaman pemeliharaan peralatan pemantauan dan pengukuran
7.2 Bukti kompetensi
8.2.3.2 Rekaman hasil review persyaratan pelanggan
8.2.3.2 Rekaman persyaratan baru dari pelanggan
8.3.3 Rekaman input desain dan pengembangan
8.3.4 Rekaman kegiatan pengendalian desain dan pengembangan
8.3.5 Rekaman output desain dan pengembangan
8.3.6 Rekaman perubahan desain dan pengembangan
8.5.1 Rekaman karakteristik produk atau jasa hasil
8.5.3 Rekaman property pelanggan
8.5.6 Rekaman perubahan proses produksi dan jasa
8.6 Rekaman kesesuaian produk dan jas
8.7.2 Rekaman ketidaksesuian output
9.1.1 Rekaman sebagai bukti evaluasi kinerja
9.2.2 Rekaman sebagai bukti program audit dan hasil audit
10.2.2 Rekaman ketidaksesuaian (nonconformity) dan tindakan korektif
  1. Dokumen Non Wajib
Dokumen Non Wajib
Prosedur untuk Menentukan Konteks Organisasi dan Pihak yang Berkepentingan
Prosedur untuk Penanganan Risiko dan peluang
Prosedur untuk Kompetensi, Pelatihan, dan Kesadaran terhadap Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
Prosedur untuk Pemeliharaan Peralatan dan Alat Ukur
Prosedur untuk Pengendalian Dokumen
Prosedur Penjualan
Prosedur untuk Desain dan Pengembangan
Prosedur untuk Produksi dan Penyediaan Jasa
Prosedur Pergudangan
Prosedur untuk Pengelolaan Ketidaksesuaian dan Tindakan Korektif
Prosedur untuk Pemantauan Kepuasan Pelanggan
Prosedur Sistem Manajemen Mutu untuk Audit Internal
Prosedur untuk Tinjauan Manajemen

5. Berapa Lama Proses Untuk Mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu?

Dengan persiapan yang tepat dan pemahaman yang baik tentang apa yang diperlukan untuk sertifikasi ISO 9001, sebagian besar organisasi diestimasi dapat mencapai sertifikasi dalam waktu 3 hingga 6 bulan tergantung pada ukuran dan kompleksitas perusahaan.

6. Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat ISO 9001?

Masa berlaku sertifikat sistem manajemen mutu adalah 3 tahun. Namun, sertifikasi perlu dipertahankan. Untuk memverifikasi penerapan berkelanjutan dan peningkatan berkelanjutan dari sistem manajemen mutu ISO Anda, badan sertifikasi Anda akan melakukan audit pengawasan berkala, biasanya sekali atau dua kali setahun.

7. Biaya Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk sertifikasi bergantung pada jumlah karyawan dan berapa lokasi yang akan disertifikasi. Komponen biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk sertifikat ISO 9001, diantaranya untuk:

  • Biaya Konsultasi ISO dan Training ISO 9001
  • Biaya Badan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu
  • Biaya Transportasi dan Akomodasi konsultan ISO dan badan sertifikasi

8. Menerapkan ISO 9001 Dengan Pendekatan Konsultan ISO vs Mandiri

Cara apa yang Anda ambil untuk penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 bergantung pada situasi Anda. Oleh karena itu, untuk membantu Anda memutuskan pendekatan mana yang terbaik, berikut panduan singkat untuk pilihan Anda:

Sewa konsultan ISO jika:

  1. Waktu adalah perhatian utama Anda. Mempekerjakan seorang konsultan ISO akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam jangka waktu yang singkat.
  2. Anda tidak memiliki orang yang dapat mengalokasikan waktu untuk mengimplementasikan proyek ini. Seorang konsultan ISO bisa bertindak sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut di lapangan.
  3. Biaya bukanlah perhatian utama Anda.
  4. Anda yakin akan mendapatkan konsultan ISO tingkat atas, karena ini adalah cara terbaik untuk memastikan mereka membawa nilai tambah yang menguntungkan.

Lakukan sendiri jika:

  1. Anda memiliki cukup waktu untuk dialokasikan ke dalam proyek ini.
  2. Anda ingin memotong biaya implementasi.
  3. Anda memiliki waktu luang, tetapi tidak ingin rutinitas harian setiap orang terpengaruh secara berlebihan.
  4. Anda ingin pengetahuan tentang penerapan ISO 9001 dipertahankan di rumah.
About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.