Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Pengawasan

selamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah hal yang paling utama harus dilaksanakan dalam proyek pertambangan, konstruksi, maupun minyak dan gas. Dalam K3 Migas juga terdapat beberapa tugas pengawas yang mesti dilakukan. Beberapa contohnya adalah untuk memastikan karyawan menggunakan APD atau alat pelindung diri ketika bekerja, serta membuat job safety analysist pada setiap bidang.

Lebih lanjut, mari kita bahas tugas pengawas atau foreman migas dalam memastikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di tempat kerjanya.

Pengawasan

Gambar Pengawasan

1. Safety Talk

Safety talk merupakan pembicaraan dua arah antara pengawas maupun level supervisor dengan anak buah yang dilakukan pada suatu tempat yang sudah ditetapkan sebelumnya serta dilakukan secara periodik.

Umumnya, safety talk dilakukan ketika awal shift kerja dengan durasi selama 10 sampai 20 menit. Safety talk tidak hanya dilakukan antara pengawas dan anak buah saja, melainkan juga dihadiri Divisi Safety yang mengawali penyampaian safety talk. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

2. Mengikuti Panitia Pembinaan Keselamatan dan kesehatan Kerja (P2K3) Safety Comitee

Pengawas yang mengikuti P2K3 akan memperoleh banyak manfaat. P2K3 sendiri diadakan oleh perusahaan setiap bulan. P2K3 ini nantinya diikuti oleh OSHE Departemen beserta jajaran pengawas pada perusahaan. Supaya informasi yang disampaikan dapat merata, adapun minimal perwakilan pengawas yang ikut dalam pertemuan ini adalah satu atau dua orang.

Pertemuan P2K3 akan membahas mengenai performa K3 melalui indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Apabila performa K3 sebuah perusahaan menurun, peserta harus segera mencari solusinya.

Tak hanya itu, pertemuan P2K3 juga membahas tentang siapa yang bertanggung jawab atas perbaikan performa (PIC-Person In Charge), serta jangka waktu untuk menyelesaikan perbaikan performa perusahaan.

3. Mengadakan pertemuan 5 menit (P5M) sebelum memulai pekerjaan

P5M diadakan setiap kali awal shift kerja pada area pertambangan migas yang dihadiri oleh karyawan, perwakilan safety departemen, serta seluruh pengawas. P5M ini berlangsung selama 5 menit untuk membahas mengenai teknik kerja, spot area yang bisa menimbulkan bahaya, serta pesan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.