Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Pusat Beban Forklift, Agar Forklift Stabil Saat Mengangkat Barang

Pusat Beban Forklift, Agar Forklift Stabil Saat Mengangkat Barang

Gambar Pusat Beban Forklift, Agar Forklift Stabil Saat Mengangkat Barang

Pusat beban forklift (load center) adalah bagian tengah beban forklift dari depan ke belakang. Untuk load center pada forklift bisa kita hitung menggunakan dengan mengukur kapasitas beban yang akan dibawa, dan membaginya menjadi dua (memberikan beban merata yang memposisikan dari belakang (counter weight) sampai ke sandaran (backrest forklift).

Membawa material dengan melebihi beban angkat maksimum mengakibatkan forklift berjalan tidak stabil. Kesalahan fatal inilah yang umumnya menjadi penyebab kecelakaan pada forklift, di antaranya:

  • Forklift tumbang/ terguling/ terjungkal ke depan
  • Operator tertimpa beban
  • Operator jatuh dari forklift
  • Tabrakan forklift
  • Kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki

Selain kurang memperhatikan load capacity, kelalaian lain yang kerap dilakukan operator forklift adalah mengabaikan pusat beban atau titik tengah beban (load center) saat mengoperasikan forklift. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki pandangan “asal tidak melebihi Safe Working Load (SWL) maka operasi forklift aman-aman saja”. Padahal load center juga berpengaruh untuk menjaga kestabilan forklift.

Pusat/ titik tengah beban atau load center adalah jarak horizontal dari permukaan depan vertikal pada garpu ke pusat gravitasi beban. Load center bisa disebut juga dengan pusat gravitasi beban (center of gravity load atau CG load). Load center merupakan dasar yang digunakan untuk menentukan tingkat kapasitas beban pada forklift.

Biasanya untuk forklift kapasitas 1-3 ton, load center yang ditetapkan adalah 500 mm (berada di tengah fork). Semakin besar ukuran barang yang diangkat, maka load center-nya akan meningkat juga.

Secara teori, pusat gravitasi forklift tanpa membawa beban berada pada bagian tengah forklift. Bila forklift membawa beban (dengan load center 500 mm), maka pusat gravitasi  akan bergeser ke depan sesuai dengan ketinggian angkat dan pada tinggi angkat maksimum, pusat gravitasi akan berada di sumbu tengah roda depan. Inilah yang disebut pusat gravitasi gabungan (combined CG), yakni gabungan antara pusat gravitasi forklift (CG truck) dengan load center (CG load).

Operator forklift diwajibkan mengikuti pelatihan, sehingga dapat memahami pengoperasian forklift yang benar dan aman. Operator juga harus memahami  kapasitas beban yang disarankan dan pusat beban yang ditetapkan. Sebelum mengoperasikan forklift, operator  sebaiknya melihat load capacity data plate atau load chart (grafik beban) yang tertera pada forklift untuk menghindari forklift terjungkal ke depan atau terguling.

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.