Konsultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)
Cut Hanti
1 day ago

Mengenal Alat Berat Trailer

Mengenal Alat Berat Trailer - Trailer ialah alat angkut yang merupakan kelanjutan flat bed, karena :
-Lantai baknya datar tidak mempunyai dinding.
-Ditarik oleh traktor tersendiri, jadi tidak mempunyai tenaga penggerak sendiri Ukurannya lebih besar, lebih panjang dan lebih besar, tetapi lantainya dapat lebih rendah, sehingga memudahkan pemuatan alat--alat berat seperti bulldozer.
- Roda trailler biasanya banyak tiap sumbunya, bisa enam delapan atau sepuluh.
Perlu diketahui bahwa walaupun trailer ini tidak dapat bergerak sendiri, tapi dilengkapi sistem rem yang dapat dihubungkan dengan traktor penariknya.

Dalam hubungannya dengan peralatan konstruksi, trailer berfungsi untuk mengangkut alat- alat berat yang tidak boleh berjalan sendiri dijalan raya seperti bulldozer karena kalau alat berat tersebut bergerak sendiri, kecepatannya terlalu rendah, misalnya finisher.

Mengenal Alat Berat Trailer

Gambar Mengenal Alat Berat Trailer

Pemakaian trailer

Crane berfungsi untuk mengangkut dengan catatan sebagai berikut :
- Waktu mengangkat, usahakan arah angkatan vertikal, kalau tidak akan membahayakan orang atau barang disekitarnya.
- Beban yang diangkat jangan melebihi yang ditentukan. Crane dapat terguling karena kelebihan beban.
- Pemandu dibawah memahami bahasa isyarat.
- Teliti dulu lintasannya, sebelum melakukan swing, baik untuk beban, maupun ujung boom.

Sebelum crane dioperasikan perlu diperiksa dulu kondisinya, jangan sampai ada oli yang bocor atau sambungan yang longgar. Hidupkan mesin dan pemasangan 3-5 menit, sambil memeriksa alat-alat kontrol pada panel. Jangan menghidupkan mesin idle telahdari ½ jam karena hal itu akan memperbanyak kerak kabon pada ruang bakar mesin yang pada gilirannya akan memperpendek umur mesin.

Sebelum mesin dimatikan bila operasi hari itu selesai, berilah waktu pendinginan selama 6 menit kepada mesin (putaran + 700 rpm) agar turbonya berumur panjang. Crane dapat ditinggal untuk istirahat malam dalam keadaan bebas dari beban.

Pemakaian Truck

Pemakaian truck yang baik dan benar akan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Pemeriksaan harian sebelum mesin dihidupkan dengan mengelilingi truk
- Mesin dihidupkan untuk + 3 menit sambil memeriksa kinerja alat-alat kontrol pada panel instrumen.
- Truk mulai bergerak sambil mencoba kondisi rem
- Pemindahan gigi perseneling dilakukan bila telah mempunyai kecepatan yang cukup. Pada umumnya para supir memindahkan gigi pada kecepatan (putaran mesin) yang kurang, sehingga truck akan cepat rusak baik mesin maupun rangkaian penyalur tenaganya (transmisi).
- Penambahan kecepatan (akselesasi) atau pengurangan (dalam selerasi) yang mendadak akan memperpendek umur mesin.
- Perhatikan filter-filter udara, bahan bakar maupun oli, gantikan pada waktunya, sebelum terlambat.
- Selesai operasi, berikan pendinginan mesin + 5 menit agar turbo tidak cepat rusak.

About the author
Kosultan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL)

Cut Hanti

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis professional di siujptl.co.id yang memiliki keahlian dalam membantu perusahaan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJPTL) di seluruh Indonesia.

Dengan pengalaman yang luas dan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan terkait SIUJPTL, Cut Hanti telah berhasil membantu banyak perusahaan dalam mendapatkan izin yang diperlukan untuk beroperasi dalam bidang jasa penunjang tenaga listrik.

Siujptl.co.id merupakan platform konsultasi bisnis yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di Indonesia karena reputasi dan kredibilitasnya yang tinggi dalam memberikan layanan konsultasi yang berkualitas. Cut Hanti sebagai salah satu konsultan unggulan di platform ini, selalu berkomitmen untuk memberikan solusi yang tepat dan efektif guna memudahkan perusahaan dalam mengurus dan mendapatkan SIUJPTL sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keahlian dan dedikasi Cut Hanti telah membuatnya dikenal sebagai konsultan yang dapat diandalkan dan profesional dalam membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya terkait dengan perizinan SIUJPTL.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan dalam mengurus dan mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik di Indonesia, Cut Hanti adalah sosok yang tepat untuk membantu mewujudkan itu.